Ketidakselarasan – Unconformity

Ketidakselarasan adalah suatu konsep dalam stratigarafi yang membahas tentang hubungan yang tidak normal antara lapisan batuan satu dengan yang lain.

Ketidakselarasan identik dengan sedimentasi, dimana konsep ini bisa menjelaskan tentang proses sedimentasiendogen dan eksogen yang terjadi sebelumnya melalui jenis ketidakselarasan yang terbentuk.

Untuk memahami konsep ketidakselarasan, saya ingin mengajak sahabat untuk memahami dahulu konsep yang sebaliknya yaitu keselarasan.

Selaras dalam stratigrafi artinya teratur, bururutan, menerus. Lapisan dikatakan selaras jika lapisan tersebut diendapkan secara teratur, belum mengalami deformasi, mengikuit hukum superposisi (lapisan dibawah lebih tua dari lapisan diatasnya) dan umurnya menerus/ tidak terjadi gap umur antar lapisan.

Macam-macam Ketidakselarasan

1. Nonconformity: Hubungan antara 2 satuan stratigrafi, yaituk antara batuan beku/metamorf  dan batuan sedimen. Biasanya batuan beku/metamorf berada dibawah atau sebagai basement dan batuan sediment berada diatasnya.

 

2. Angular Conformity: hubungan 2 satuan stratigrafi  dan terjadi hubungan yang menyudut

3. Disconformity: hubungan antara batuan sedimen  dengan batuan sedimen tetapi terdapat bidang   erosi yang irreguler (kasar)

4. Paraconformityhubungan 2 batuan yang sama dimana  bidang ketidakselarasan sejajar bidang perlapisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s